Seperti yang telah dibahas dalam buku "Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global", mengenai karateristik serta kelebihan dan kekurangan media, berikut akan kembali dibahas mengenai jenis-jenis media yang ada, serta segala kelebihan dan kekurangan dari media tersebut dari berbagai sumber.
jenis- jenis media cetak dapat berupa : Majalah, koran, tabloid, dan yang lainnya.
Karakteristik sebuah media cetak:
- Terbitnya harian, mingguan, bulanan
- Kedalaman liputan bersifat informatif dengan narasi
- Bersifat massal, dibaca oleh masyarakat dan tidak mewakili kelas tertentu
- efek iklan lebih bisa dibuat
Kategori Media Cetak:
- Koran nasional/ koran daerah
- Tabloid, terbit mingguan dengan peminatan baca tertentu
- Majalah, terbit bulanan, bentuk lebih eksklusif
- Jurnal pertanyaan- diklangan pribadi
- Jurnal teknikn dan profesional
Kelebihan Media Cetak:
- Kemampuan untuk menuju khalayak spesifik adalah ciri yang paling membedakan periklanan majalah dari media lain
- Majalah dicatat atas usia panjangnya dan keterlibatan pembaca yang tinggi.
- Iklan majalah meiliki kualitas cetak dan warna yang baik
- Majalah menawarkan format-format luwes yang menungkinkan ukuran-ukuran iklan berbeda. Demiakan pula dengan sisipan dan sampel aroma
- Terkadang, alih-alih membeli halaman periklanan standar, satu pengiklan menggunakan sisipan majalah
Kekurangan Media Cetak:
a. hidupnya singkat (biasa 1 bulan)
b. Cetakan banyak rusak dan kesalahannya banyak
c. media cenderung pasif dan statis
d. membutuhkan minat baca dari konsumen
Adapun kelebihan dan kekurangan koran dari salah satu media cetak adalah:
Kelebihan koran:
- Koran memberikan cakupan lengak dan tidak dibatasi pada kelompok sosioekonomi atau demografis tertentu- hampir semua orang membaca koran
- Perikalanan koran dapat dilakukan dengan cara cepat. Waktu dan tampilan singkat memungkinkan para periklanan mengaitkan materi iklan dengan perkembangan pasar lokal, sehingga hasilnya lebih responsif.
- Iklan dapat dengan cepat dan mudah diubah.
- Koran menarik mereka yang telah berminat untuk membaca, jadi koran memberikan khalayak sekaligus ruang bagi materi panjang dan terinci, termasuk daftar produk dan harga
- Edisi khusus meungkinkan penargetan secara cepat.
- Kebanyakan koran ditargetakan secara geografis.
Kekurangan koran:
a. Koran tidak memiliki usia bacab. Pengiklanan nasional harus melakukan penanganan terpisah terhadap setiap penerbit koran.c. Terdapat pula variasi besar dalam kualitas cetak dan warna dalam berbagai korand. Serupa dengan periklanan majalah, banyak iklan koran harus muncul di tengah-tengah kepadatan iklan lain
Media penyiaran sendiri dibagi atas dua jenis, yaitu media penyiaran televisi serta media penyiaran radio
A. Media Penyiaran Televisi
Karaktristik Media Televisi:
- Memberikan kesan yang realistik
- Media hiburan yang populer
- Adanya atau Pengulangan
- ideal untuk pedagang eceran
- Akan lebih maksimal dengan dukungan media lain.
- Audiovisual
- Berfikir dalam gambar
- Pengoprasian yang lebih komplex
- Berfikir dalam gambar
- Pengoprasian yang lebih komplex
Kelebihan Media Televisi:
- Metode biaya per seribu televisi cukup efisien.
- Televisi memungkinkan demonstrasi produk atau jasa.
- Televisi gampang beradapatasi, memungkinkan adanya kombinasi suara, warna dan gerakan.
- Sulit bagi para pemirsa untuk mengalihkan pandangan dari sebuah komersial.
Kelemahan Media Televisi:
- Biaya absolut untuk memproduksi dan menayangkan komersial telah menjadi demikian tinggi.
- Dengan penemuan remote control, mempercepat pemirsa meindahkan saluran dan memeprcepat iklan
- Meningkatnya penggunaan pengumumna promosi oleh jaringan untuk merangsang pemirsa melihat program yang gencar dipromosikan serta meningkatnya komersial pendek.
- Menjangkau pemirsa secara masal
- keterbatasan durasi dan materi
- Pembuatan iklan relatif lama
- Jika terlalu banyak repetisi cenderung membosankan
Berbagai media tv yang dapat dipilih meliputi: tv satelit, tv kabel, dan tv digital (*lihat artikel sebelumnya mengenai tv digital)
B. Media Penyiaran Radio
Karakteristik Media Penyiaran Radio:
- Waktu transmisi yang tidak terbatas
- lebih interaktif dengan suara santai saat mendengar radio daripada membaca koran atau majalah
- Radio menjadi teman setia pendengar
- Emosi pesan disesuaikan dengan regional tertentu
- Dapat membeli jan siar tertentu sehingga bisa beriklan lebih maksimal
- Auditori
-Radio is the now
-Imajinatif
-Menjaga Mobilitas
-Radio is the now
-Imajinatif
-Menjaga Mobilitas
- Radio bersifat luwes. Iklan dapat diudarakan hampir kapanpun diinginkan dan hanya memerlukan perhatian awal yang singkat.
- Komersial radio juga tidak mahal untuk diproduksi.
- Radio dapat menjangkau khalayak spesifik (khusus), seperti kaum pria, kaum wanita, orang lanjut usia, dan pasar etnik.
Kekurangan Media Radio:
- Khalayak dapat mempengaruhi kepemilikan minoritas dari stasiun radio.
- Radio hanyalah sebuah media yang didengarkan, dan para pendengar tidak dapat melihat produk yang diiklankan.
- Tingginya fragmentasi khalayak yang terjadi karena banyaknya jumlah stasiun.
*Materi ini diambil berdasarkan buku Prinsip-prinsip Periklanan dalam Perspektif Global, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, dan pembelajaran dikelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar