CHAPTER 7
bab 7 Riset pemasaran & periklanan |
- Mendefinisikan permasalahan
Adalah sebuah pernyataan
tentang topik yang akan diuji melalui riset pemasaran. Definisi permasalahan
yang baik mengarahkan proses riset dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang
tepat demi tujuan pengambilan keputusan.
- Merencanakan proyek riset
Terdiri dari pernyataan
objektif (memasukan hipotesis yang ditarik dari riset sebelumnya), studi
eksplorasi (untuk mendapatkan gagasan sebagai pemecah permasalahan yang tidak
jelas, riset konklusif ( pengumpulan dan analisis data)
- Menumpulkan data
Terdiri dari data sekunder /
informasi yang dikumpulkan untuk tujuan lain, serta data primer/ informasi yang
dikumpulkan untuk mengungkap isu yang ditangani. Metode yang digunakan meliputi
survei, observasi, dan eksperimentasi.
- Menafsirkan temuan riset
Penafsiran seksama diperlukan
agar temuan dapat menjadi acuan bagi mereka yang mengambil keputusan manajerial.
Apabila hasilnya dinyatakan sebagai valid, para pengambil keputusan bisa segera
bertindak.
- Melaporkan temuan riset
Merupakan kesimpulan dan
rekomendasi peneliti apakah hasil dan rekomendasinya tersebut dapat digunakan.
Riset Periklanan
Riset periklanan dibagi
menjadi dua tipe:
- Riset media
Fokus informasi tentang
sirkulasi koran dan majalah, cakupan siaran televisi dan radio serta profil
khalayak. Adapun beberapa teknik untuk mengukur khalayak media seperti:
a. pengukuran khalayak
televisi
b. pengukuran khalayak radio
c. pengukuran khalayak
majalah
d. pengukuran khalayak
internet
- Riset Pesan
Bertujuan mengungkapkan
seberapa efektif pesan periklanan terkomunikasiakan kepada orang-orang dan
seberapa baik pesan tersebut mempengaruhi perilaku orang-orang. Metode ini
umumnya dibagi menjadi lima bentuk tanggapan berbeda terhadap iklan, seperti:
- Ukuran pengenanalan dan ingatan
- Ukuran emosi
- Ukuran ketergugahan psikologis
- Ukuran persuasi
- Ukuran tanggapan penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar