Sabtu, 09 November 2013

7. Riset pemasaran dan Periklanan (first book)

CHAPTER 7

bab 7
Riset pemasaran & periklanan
Perusahaan menggunakan riset untuk mengidentifikasi dan mengungkap permasalah pangsa pasar mereka, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kompetitif mereka, serta mengukur sikap konsuen. Riset pemasaran berisi seluruh kegiatan yang memungkinkan sebuah organisasi mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan tentang lingkukannya, bauran pemasarannya, serta para konsumen sekarang atau potensial, Adapaun proses riset pemasaran berupa:

  1. Mendefinisikan permasalahan
Adalah sebuah pernyataan tentang topik yang akan diuji melalui riset pemasaran. Definisi permasalahan yang baik mengarahkan proses riset dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang tepat demi tujuan pengambilan keputusan.

  1. Merencanakan proyek riset
Terdiri dari pernyataan objektif (memasukan hipotesis yang ditarik dari riset sebelumnya), studi eksplorasi (untuk mendapatkan gagasan sebagai pemecah permasalahan yang tidak jelas, riset konklusif ( pengumpulan dan analisis data)

  1. Menumpulkan data
Terdiri dari data sekunder / informasi yang dikumpulkan untuk tujuan lain, serta data primer/ informasi yang dikumpulkan untuk mengungkap isu yang ditangani. Metode yang digunakan meliputi survei, observasi, dan eksperimentasi.

  1. Menafsirkan temuan riset
Penafsiran seksama diperlukan agar temuan dapat menjadi acuan bagi mereka yang mengambil keputusan manajerial. Apabila hasilnya dinyatakan sebagai valid, para pengambil keputusan bisa segera bertindak.

  1. Melaporkan temuan riset
Merupakan kesimpulan dan rekomendasi peneliti apakah hasil dan rekomendasinya tersebut dapat digunakan.

Riset Periklanan

Riset periklanan dibagi menjadi dua tipe:

  1. Riset media
Fokus informasi tentang sirkulasi koran dan majalah, cakupan siaran televisi dan radio serta profil khalayak. Adapun beberapa teknik untuk mengukur khalayak media seperti:
a. pengukuran khalayak televisi
b. pengukuran khalayak radio
c. pengukuran khalayak majalah
d. pengukuran khalayak internet

  1. Riset Pesan
Bertujuan mengungkapkan seberapa efektif pesan periklanan terkomunikasiakan kepada orang-orang dan seberapa baik pesan tersebut mempengaruhi perilaku orang-orang. Metode ini umumnya dibagi menjadi lima bentuk tanggapan berbeda terhadap iklan, seperti:

  1. Ukuran pengenanalan dan ingatan
  2. Ukuran emosi
  3. Ukuran ketergugahan psikologis
  4. Ukuran persuasi
  5. Ukuran tanggapan penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar