CHAPTER 8
Perencanaan Pemasaran
Suksesnya rencana pemasaran
membutuhkan bantuan periklanan. Dan dengan demikian maka periklanan adalah suatu
bagian dalam upaya pemasaran total. Pemasaran tradisional bermula di dalam
organisasi dan ditunjukan kepada konsumen. Proses dalam ke luar (inside out)
ini melibatkan tiga langkah yang dirinci sebagai:
- Melaksanakan sebuah analisis situasi
Sebuah analisis situasi
terkadang dirujuk menggunakan akronim SWOT, yang terdiri dari kekuatan
(strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman
(threat). Analisis kekuatan dan kelemahan berfokus pada factor-faktor internal;
analisis kesempatan dan ancaman berfokus pada foktor-faktor yang bersifat
eksternal terhadap organisasi.
2. Mengembangkan Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran harus
dirancang sedemikan rupa sehingga pencapaian mereka akan berkontribusi pada
strategi korporasi dan dapat dilaksanakan melalui penggunaan sumber daya-sumber
daya secara efektif.
3. Mengembangkan Strategi Pemasaran
Tahap pertama pengembangan
strategi adalah memilih pasar sasaran. Tahap kedua adalah menentukan sebuah
bauran pemasaran (produk, harga, tempat,dan promosi) bagi setiap pasar sasaran
yang dikejar perusahaan. Sebuah strategi pemasaran perusahaan memiliki dampak
dramatis pada periklananya. Strategi pemasaran berdampak pada jumlah periklanan
yang digunakan , dorongan kreatifnya dan media yang dipakai.
iklan yang mengungkapkan salah satu rencana pemasaran |
Pendekatan Perencanaan Luar ke Dalam
Pendekatan perencanaan luar
ke dalam membutuhkan jumlah informasi konsumen yang sangat banayak. Adapun
langkah-langkahnya sebagai:
1. ulasan bisnis
2. Analisis Konsumen
3. Segmentasi Perilaku
4 .Kelayakan Konsumen.
5. Tujuan-tujuan perilaku.
6. Tujuan-Tujuan komunikasi.
7. Tujuan-tujuan pengeluaran.
8. Taktik
Perencanaan periklanan
Proses perencanaa periklanan
adalah sebuah proses tersendiri di dalam fungsi pemasaran. Ini terdiri dari 6
langkah, yaitu:
a. Mengulas Rencana Pemasaran
dimana kegiatan ini untuk
memahami ke mana arah perusahaan, cara apa yang diminati dan peran yang akan
dimainkan periklanan dalam bauran pemasaran
b. Analisis Situasi Internal & Eksternal Perusahaan
Untunk menyatakan kembali
situasi perusahaan sekarang, pasar target, tujuan jangka panjang dan pendek,
serta keputusan menyangkut posisi pasar, tahapannya dalam siklus kehidupan dan bauran
pemasaran yang terkait
c. Menentukan Tujuan Periklanan
Tujuan periklanan dapat
berorientasi penjualan atau orientasi komunikasi. Meskipun tujuan jangka
panjang pengiklan adalah untuk meningkatkan penjalan, tidak semua kampanye
dirancang untuk menghasilkan penjualan langsung.
d. Mengembangkan dan Melaksanakan strategi periklanan atau kreatif
Strategi ini terdiri dari
beberapa elemen seperti khalayak sasaran, konsep produk atau jasa, media
periklanan yang secara efisien untuk menyampaikan pesan-pesan periklanan
mereka, serta pesan periklanan.
E. Mengembangkan dan melaksanakan strategi media
Perencanaan media membantu
menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti khalayak apa yang ingin kita raih, kapan
dan dimana kita ingin meraih mereka, seberapa banyak orang yang perlu kita raih
dan yang lainnya.
f. Mengevaluasi efektivitas periklanan
efektivitas sebuah iklan bisa
diuji sebelum, sedang,atau sesudah disajikan ke khalayak target.
Keputusan-keputusan Anggaran
Periklanan setelah menentukan tujuan serta mendefinisikan strategi kreatif dan
periklanan, satu pengiklan menghadapi tantangan periklanan berikutnya:
menghitung seberapa besar yang dibayarkan untuknya. Anggaran periklanan, dalam
banyak sisi, merupakan keputusan terpenting yang dibuat para pengiklanan.
Menentukan anggaran Periklanan
Dalam menentukan anggaran
periklanan ini, kita mengenal beberapa metode seperti:
a. metode presentase
penjualan
b. metode kesetaraan
persaingan
c. metode segala yang dapat
anda kerahkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar