CHAPTER 4
Bab 4 Bisnis & Agen Periklanan |
Bisnis Periklanan
Bisnis periklanan yang luas
dan kompleks melibatkan banyak tipe organisasi dan orang. Para pengiklan atau
agen periklanan yang disewa menjalankan beberapa tugas dasar tertentu yang
meliputi:
- Perencanaan : adalah sebuah proses berkelanjutan penentuan dan
penentuan ulang tujuan dan sasaran, pelaksanaan riset periklanan,
pengembangan dan penjadwalan iklan, serta evaluasi hasil
- Penganggaran : oleh Manajer Periklanan dimana mereka merumuskan
anggaran tahunan dan menyajikannya ke menejemen puncak
- Koordinasi : meliputi Produksi, keungan dan pemasaran. Namun
periklanan merupakan kegiatan pemasaran. Orang yang bertanggung jawab pada
proses pengiklanan harus mengkoordinasikan kegiatannya pada fungsi
pemasaran lain.
- Membuat iklan terdiri dari penulisan naskah, pengarahan seni dan
produksi,
Agen Periklanan
Adalah sebuah organisasi independen terdiri dari orang-orang kreatif dan pebisnis yang memiliki
spesialisasi dalam mengembangkan dan menyiapkan rencara periklanan, iklan, dan
piranti promosi lainnya. Agen ini mulai dari kios kecil hingga bisnis raksasa.
Agen periklanan ini diorganisasikan menjadi beberapa departemen berdasarkan
kekhususan fungsi atau dalam kelompok-kelompk yang bekerja sebagai tim.
Tipe-Tipe Agen Periklanan:
- Agen Layanan Penuh
Mereka menjalankan setidaknya
empat fungsi dasar bagi klien yang diwakilinya: pelayanan riset, kreatif, media
dan manajemen kontrak. Bebereapa agen memperluas pelayanannya dengan menawarkan
pemasaran langsung, hubungan masyarakat bahakan promosi penjualan.
- Agen layanan Khusus
Butik kreatif: Agen
yang relatif kecil berkonsentrasi penuh pada penyiapan eksekusi kreatif
komunikasi klien. Fokus organisasinya adalah gagasan dan produk kreatif.
Agen kesehatan: Berkonsentrasi
pada perusahaan farmasi.
Agen pemasaran langsung: Agen yasng berspesialisasi dalam perencanaan strategis, solusi
kreatif dan pelaksanaan serta manajemen database bagi periklanan pemasaran langsung.
Agen Etnik
Kompensasi Agen
Pada dasarnya agen-agen
mendapatkan uang dari tiga sumber:
- Komisi media
- Upah berbasis-Kerja
- Penggelembungan (markup)
Agen “komunikasi Total”
Agen sekarang lebih berfokus
pada kampanye-kampanye rendah biaya namun tinggi dalam efek terukur lewat
penggunanaan media tradisoanl tambahan dan pemaduan strategis peristiwa khusus,
pensponsoran, promosi penjualan, pemasaran langsung, radio bertarget dan media
baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar