Sabtu, 09 November 2013

4. Bisnis & Agen Periklanan (first book)

CHAPTER 4

Bab 4
Bisnis & Agen Periklanan
Perjalanan bisnis global tidak sekedar pemerekan global dan kampanye multinasional. Disini kita akan menelaah para pengiklan dan para agen- apa yang mereka lakukan, siapa mereka, dan begaimana mereka bekerja sama.

Bisnis Periklanan
Bisnis periklanan yang luas dan kompleks melibatkan banyak tipe organisasi dan orang. Para pengiklan atau agen periklanan yang disewa menjalankan beberapa tugas dasar tertentu yang meliputi:
  1. Perencanaan : adalah sebuah proses berkelanjutan penentuan dan penentuan ulang tujuan dan sasaran, pelaksanaan riset periklanan, pengembangan dan penjadwalan iklan, serta evaluasi hasil
  2. Penganggaran : oleh Manajer Periklanan dimana mereka merumuskan anggaran tahunan dan menyajikannya ke menejemen puncak
  3. Koordinasi : meliputi Produksi, keungan dan pemasaran. Namun periklanan merupakan kegiatan pemasaran. Orang yang bertanggung jawab pada proses pengiklanan harus mengkoordinasikan kegiatannya pada fungsi pemasaran lain.
  4. Membuat iklan terdiri dari penulisan naskah, pengarahan seni dan produksi,

Agen Periklanan
Adalah sebuah organisasi independen terdiri dari orang-orang kreatif dan pebisnis yang memiliki spesialisasi dalam mengembangkan dan menyiapkan rencara periklanan, iklan, dan piranti promosi lainnya. Agen ini mulai dari kios kecil hingga bisnis raksasa. Agen periklanan ini diorganisasikan menjadi beberapa departemen berdasarkan kekhususan fungsi atau dalam kelompok-kelompk yang bekerja sebagai tim.

Tipe-Tipe Agen Periklanan:
  1. Agen Layanan Penuh
Mereka menjalankan setidaknya empat fungsi dasar bagi klien yang diwakilinya: pelayanan riset, kreatif, media dan manajemen kontrak. Bebereapa agen memperluas pelayanannya dengan menawarkan pemasaran langsung, hubungan masyarakat bahakan promosi penjualan.

  1. Agen layanan Khusus
Butik kreatif:                    Agen yang relatif kecil berkonsentrasi penuh pada penyiapan eksekusi kreatif komunikasi klien. Fokus organisasinya adalah gagasan dan produk kreatif.
Agen kesehatan:               Berkonsentrasi pada perusahaan farmasi.
Agen pemasaran langsung: Agen yasng berspesialisasi dalam perencanaan strategis, solusi kreatif dan pelaksanaan serta manajemen database bagi periklanan pemasaran langsung.
Agen Etnik                              

Kompensasi Agen
Pada dasarnya agen-agen mendapatkan uang dari tiga sumber:
  1. Komisi media
  2. Upah berbasis-Kerja
  3. Penggelembungan (markup)

Agen “komunikasi Total”
Agen sekarang lebih berfokus pada kampanye-kampanye rendah biaya namun tinggi dalam efek terukur lewat penggunanaan media tradisoanl tambahan dan pemaduan strategis peristiwa khusus, pensponsoran, promosi penjualan, pemasaran langsung, radio bertarget dan media baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar