CHAPTER 5
Kunci Kesuksesan perusahaan
mana pun adalah kemampunannya untuk menarik dan mempertahankan konsumen yang mau
dan mampu membayar produk dan
jasanya. Ini bearti perusahaan harus mampu menentukan letak konsumen potensial,
dimanapun mereka dan kemudian mampu memahami serta berkomunikasi dengan mereka.
Segementasi Pasar.
Iklan dengan unsur keragaman untuk menjangkau berbagai segementasi pasar. |
Metode-metode untuk melakukan
segmentasi pasar-pasar konsumen
- Segmentasi Demografis
Melibatkan pembagian pasar
berdasarkan variabel demografis seperti usia, seks, ukuran keluarga, tahap
siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras dan kebangsaan.
- Segmentasi Geografis
Melibatkan variabel geografis
seperti agama, ukuran populasi, kepadatan, dan iklim. Orang-orang si satu
wilayah negara-atau dunia- memiliki kebutuhan dan perilaku beli yang berbeda
dengan mereka yang berada di wilayah lain.
- Segmentasi behavioralis
Membagi sebuah pasar menjadi
kelompok-kelompok menurut manfaat yang mereka cair, penggunaan volume produk,
dan loyalitas merek.
- Segementasi Psikografis
Pembagian pasar berdasarkan
gaya hidup dan atau kepribadian dirujuk sebagai segementasi psikografis.
Penentuan gaya hidup biasanya didasarkan pada analisi kegiatan, minat dan opini
Metode-metode untuk melakukan
segmentasi pasar-pasar Industri
- Segmentasi Geografis
Serupa dengan mereka yang
mensegmen pasar konsumen secara geografis, perusahaan industri dapat
mengkonsentrasikan upaya meeka di wilayah dengan tingkat pertumbuhan penduduk
yang tinggi
- Tipe organisasi
- Penggunaan produk
Bagaimana sebuah organisasi
menggunakan produk akan mempengaruhi tipe dan jumlah produk yang dibeli dan
prosedur pembelian produk.
Pemasaran sasaran (target
Marketing)
Setelah mengklompokan
konsumen berdasarkan karakteristik serupa, mereka melakukan pemasaran sasaran
yang menentukan kandungan, rancangan dan implementasi periklanan
perusahaan.
Kegagalan untuk menentukan sasaran secara tepat dapat mengakibatkan
rendahnya penjualan, tingginya biaya, dan kerugian keuangan yang parah.
Setelah sebuah perusahaan
mendefinisikan pasar sasarannya, akan dapat diketahui secara pasti dimana
perusahaan harus memfokuskan perhatian sumber dayanya. Ia dapat membentuk
konsep produk, menyusun harga, menentukan kebutuhan lokasi toko, dan menyiapkan
pesan periklanan.
Setelah pasar sasaran
dipilih, perusahaan harus menemukan cara untuk menyesuaikan produk dengan
pasar terpilih dan menjual produk ke pasar tersebut. Product Positioning adalah
satu metode yang digunakan para pemasar untuk menjual produk lewat pemisahannya
dari para pesaing.
Product Positioning
Dimaksudkan untuk menciptakan
dan mempertahankan konsep tertentu dari sebuah produk sebuah perusahaan dalam
benak pelanggan. Istilah ini merujuk pada bebagai keputusan dan kegiatan yang
dimaksud untuk menciptakan dan mempertahankan konsep tertentu dari produk
sebuah perusahaan-secara relatif bertahan terhadap merek-merek para pesaing dalam
benak konsumen.
Diferensasi produk adalah
strategi persaingan lewat penciptaan perbedaan produk yang memenuhi preferensi
sebuah segmen pasar tersendiri. Gagasan tentang persepsi konsumen sangatlah
penting dalam pembedaan produk karena perbedaan anatarproduk dapat bersifat
nyata maupun bayangan. Perbedaan nyata dapat berupa ciri-ciri, harga atau
kualitas. Perbedaan yang diciptakan oleh persepsi biasanya didasarkan pada
citra sebuah produk.
Product positioning adalah
persepsi konsumen terhadap atribut produk bersangkutan bekenaan dengan merek
pesaing, untuk memosisikan produk baru atau memosisi-ulang produk yang telah
ada, para pemasar perlu mengetahui bagaiman konsumen atau pembeli industri
dalam pasar targetnya membayangkan dalam kategori terkait.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar