CHAPTER 11
Bab 11 Perencanaan & pemilihan media Periklanan |
Perencanaan media
Perencanaan media adalah
proses pengarahan pesan periklanan ke khalayak sasaran pada waktu dan tempat
yang tepat serta menggunakan saluran yang tepat. Perencanaa media melibatkan
koombinasi dari tiga tingkat perumusan strategi : strategi pemasaran, strategi
periklanan, dan strategi media. Strategi pemasaran keseluruhan memberikan
dorongan dan arahan dalam pemilihan strategi periklanan maupun pemasaran.
Strategi media terdiri dari empat kelompok kegiatan yang saling terkait :
- Memilih khalayak sasaran
Berhasilnya strategi media
mensyaratkan bahwa khalayak sasaran harus dituju dengan jelas. Karena orang yang
memiliki karakteristik bersama cenderung bertindak dalam cara-cara serupa, para
pengiklan suka membagi penduduk ke dalam segmen konsumen dan kelompok pembeli
melalui kemiripan tertentu.
- Merinci Tujuan-tujuan media
Sebuah
perusahaan biasanya memiliki tujuan organisasi tertentu yang membentuk tujuan
pemasaran. Lima tujuan dalam perencanaan media berupa:
- Jangkauan : proporsi khayalak sasaran mana yang harus melihat,
membaca, atau mendengar pesan iklan selama satu periode tertentu
- Frekuensi: Seberapa sering hendaknya khalayak sasaran bersinggungan
dengan iklan selama periode tertentu
- Bobot : seberapa banyak periklanan total yang diperlukan selama
satu periode tertentu untuk mencapai jangkauan dan frekuensi yang
dikehendaki
- Keberlanjutan : bagaimana anggaran periklanan tersebut
dialokasikan
- Biaya : cara termurah untuk mencapai suatu tujuan.
- Memilih media dan sarananya
Sebagai satu elemen dalam
strategi media, media adalah saluran komunikasi yang menyampaikan pesan
pengiklan ke khalayaknya. Organisasi media menjual ruang dan waktu. Media yang
paling sering digunakan adalah televisi, koran, majalah, radio, reklame luar
ruang dan tempat transit, serta tanggapan langsung, meskipun internet mulai
menjadi pesaing.
Sarana adalah program-
program siaran tertentu atau pilihan cetakan dimana iklan ditempatkan.
- Pembelian media
Pemilih sebuah media dan
sarana-sarana media spesifik bergantung pada ketersediaan media dan informasi
yang diberikan kepada para perencana media dan para pembeli tentang ukuran dan
profil khalayak serta biaya ruang atau waktu dalam media. Pembelian media juga
dapat menjadi bagian yang mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis agen
periklanan. Sekarang ini, banyak perencana dan pembeli media direkrut segera
setelah lulus sekolah dan diberi upah tingkat pemula demi pekerjaan yang
menuntut tangung jawab besar dan jam kerja panjang. Para agen tidak berupaya
mendidik para perencana dan pembeli muda tentang “target den demografi berbeda
agar mereka peduli dengan media bagi khayalak lebih tua”
itu nama bukunya apa ya?
BalasHapusSudah ku jelasin di laman ini : http://thinkvertising.blogspot.com/p/book-one-pri.html?m=1
BalasHapusSilakan di cek :)
izin copy buat tugas ya,...
BalasHapussilakan
HapusCari penjahit BUSANA WANITA dan BISA CASTEM itu SUSAH?, Tenang.... sekarang ada kami "ISTIQOMAH COLLECTION" yang bisa menjawab kedua hal itu. Jika anda berminat, silahkan Kontak kami di ( SINI )
BalasHapus