Sabtu, 09 November 2013

13. Media Siaran (first book)

CHAPTER 13

Bab 13 Media Siaran

Periklanan televisi

Dua kategori utama siaran televisi yang penting dalam periklanan adalah televisi jaringan dan kabel. Dalan televisi jaringan, sebuah bisnis independen yang disebut jaringn, mengabungkan stasiun-stasiun televisi individual yang menyiarkan program-program dan periklananya. Para pelanggan kabel membayar iuran bulanan untuk tiga puluh atau lebih saluran yang mereka terima.



Kelebihan dan kekurangan televisi

Kelebihan televisi sebagai berikut:

  1. Metode biaya per seribu televisi cukup efisien.
  2. Televisi memungkinkan demonstrasi produk atau jasa.
  3. Televisi gampang beradapatasi, memungkinkan adanya kombinasi suara, warna dan gerakan.
  4. Sulit bagi para pemirsa untuk mengalihkan pandangan dari sebuah komersial.
Namun, sebagai media periklanan, televisi mengalami beberapa masalah seperti:
  1. Biaya absolut untuk memproduksi dan menayangkan komersial telah menjadi demikian tinggi.
  2. Dengan penemuan remote control, mempercepat pemirsa meindahkan saluran dan memeprcepat iklan
  3. Meningkatnya penggunaan pengumumna promosi oleh jaringan untuk merangsang pemirsa melihat program yang gencar dipromosikan serta meningkatnya komersial pendek.

Membeli periklanan televisi

Pembelian periklanan televisi adalah fase yang sangat khusus dalam bisnis periklanan, terutama bagi perusahaan besar yang membelanjakan uang dalam jumlah sangat besar. Pengiklanan besar yang banayak memanfaatkan periklanan tlevisi umumnya menggunakan para spesialis media dari agen atau jasa yang mengkhususkan diri dalam pembelian media, guna mengatur jadwal membeli waktu siaran televisi.

Metode membeli waktu periklanan

Sejumlah pilihan tersedia bagi para pengiklan yang memilih televisi sebagai bagian dari bauran media mereka. Sebagian dari pilihan pilihan ini termasuk mensponsori program secara utuh, berpartisipasi dalam sebuah program, membeli pengumuman spot antar program, dan membeli spot dari pemegang sindikasi. Pengiklan dapat juga mensponsori sebiah progrm yang utuh. Para pengiklan dapat memilih membayar iklan selama sepuluh, 15, 30 atay 60 detik selama sebuah program tertentu.

Kategori waktu televisi

Waktu televisi dibagi menjadi bagian-bagian hari. Terdapat tingkat penonton televisi yang berbeda pada setiap bagian hariu, yang tertinggi adalah prime time (8-11 malam) Fringe time adalah berada di pinggiran waktu dengan tontonan pemirsa tertinggi.

Periklanan kooperatif

Karena tingginya biaya periklanan televisi, dua perusahaan sering kali satu manufaktur dan satu distributor bisa mengatur untuk berbagi biaya. Periklanan kooporatif memberikan lebih banyak paparan dengan harga yang masuk akal bagi kedua mitra, menggandakan efektivitas anggaran keduanya.

Periklanan radio

Radio adalah media populer bagi periklanan eceran lokal karena biayanya relatif rendah dan cakupan lokalnya.

Kelebihan dan kekurangan radio

Adalah penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan relatif dari media ini untuk membuat keputusan cerdas. Kelebihannya adalah:
  1. Radio bersifat luwes. Iklan dapat diudarakan hampir kapanpun diinginkan dan hanya memerlukan perhatian awal yang singkat.
  2. Komersial radio juga tidak mahal untuk diproduksi.
  3. Radio dapat menjangkau khalayak spesifik (khusus), seperti kaum pria, kaum wanita, orang lanjut usia, dan pasar etnik.

Sementara kelemahan radio sebagai:

  1. Khalayak dapat mempengaruhi kepemilikan minoritas dari stasiun radio.
  2. Radio hanyalah sebuah media yang didengarkan, dan para pendengar tidak dapat melihat produk yang diiklankan.
  3. Tingginya fragmentasi khalayak yang terjadi karena banyaknya jumlah stasiun.

Membeli waktu radio

Berikut adalah pertimbangan utama yang mempengaruhi kapan dan bagaimana cara membeli waktu radio:
  1. Para pengiklan radio berminat untuk menjangkau konsumen target dengan harga yang cukup murah, sambil tetap memastikan bahwa format stasiun sesuai dengan citra merek yang diiklankan
  2. Periklan radio ditawarkan baik pada basis jaringan nasional maupun spot pasar lokanlindividual.
  3. Satu pengiklan harus mengambil keputusan berdasarkan jadwal periklanan radio.
  4. Waktu komersial radio biasanya dijual dalam slot waktu 10,30, atau 60.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar