CHAPTER 10
Produksi Periklanan cetak
Bab 10 Produksi Periklanan |
- Tata letak dan desain
Tata letak periklanan dasar
menyertakan hal-hal berikut: copy Heavy (ruang iklan yang didominasi oleh
tulisan), frame (grafis atau citra-citra lain yang membingkai materi), Grid
(ruang yang dibagi-bagi menjadi kotak-kotak berukuran sama besar), Mondrian (ruang
yang dibagi-bagi menjadi kotak-kotak berukuran tidak harus sama besar), Picture
Window (ruang yang sebagaian besar ditempati oleh seni- foto, gambar, atau
citra lain), serta type specimen (ruang yang dinominasi oleh judul iklan
sebagai pengganti seni)
- Tipografi
Tipografi adalah seni
pemilihan dan penyusunan jenis huruf. Karena hampir setiap iklan memiliki
sesuatu yang perlu dibaca, jenis huruf memiliki arti penting yang sangat besar.
Tipografi sendiri dibagi atas:
- Keluarga dan Jenis huruf
Seluruh jenis huruf memiliki
keluarga, sebagaimana manusia layaknya. Banyak di antara mereka memiliki nama
keluarga tenar, biasanya diwarisi dari desainer ahli jenis huruf bersangkutan,
seperti Bodono, Gothic, Goudy. Keluarga tertentu memberikan segala jenis
variasi.
- Jenis huruf
- Poin (pengukuran untuk jenis huruf)
- Ukuran pica (unit ukuran luas dalam tipografi)
- Desktop Publishing
Kemajuan teknologi luar
biasa telah berlangsung dalam seni grafis karena penerapan komputer dan
elektronika yang revolusioner. Piranti lunak desktop publishing memungkinkan
pengguna untuk memproses tulisan, untuk menciptakan atau mengimpor serta
memanipulasi grafis maupun seni lain, dan memadukan elemen ini dalam tata letak
canggih dengan beragam dimensi, format, dan orientasi.
Produksi Periklanan siaran
Produksi periklanan siaran dibagi atas iklan televisi dan radio.
- Produksi periklanan televisi
Tujuan produksi televisi
adalah menerjemahkan narasi naskah tertulis menjadi sebuah media audiovisual.
Konsep spot televisi iklan harus menerapkan kosakata pengisahan cerita visual
yang sejak awal dominan dalam media ini. Adalah penting untuk berpikir dalam
lingkup bagaimana gagasan besar dapat dikomunikasikan melalui penekanan pada
citra visual, dengan kata-kata yang terucapkan sesedikit mungkin. Ciri
tersendiri televisi adalah bahwa ini memberikan gambar-gambar bergerak. Adapun
yang perlu diperhatikan dalam produksi periklanan televisi seperti:
- Sorotan kamera
Sorotan kamera dasar dibagi
atas:
- Extreme close up (ECU) kamera diletakan sedekat mungkin untuk
menunjukan bagian wajah atau tubuh orang atau rician produk.
- Close up (CU) seringkali digunakan untuk menarik perhatian pemirsa
ke produk makanan. Wajah atau produk dalam close up akan mendominasi layar
- Medium shot (MS) kamera memperlihatkan gambar setengah badan
seseorang.
- Long shot (LS) memberikan kerangka rujukan kepada pemirsa,
misalnya lokasi ini seringkali disebut sorotan tetap.
- Pan. Kamera bergerak dari satu titik tetap untuk mengikuti objek
bergerak atau untuk memberikan efek panorama.
- Zoom. Kamera difokuskan sehingga citra menjadi lebih besar dan
tampak lebih dekat.
- Storyboard
Konsep iklan televisi
disampaikan kepada tim produksi melalui storyboard. Di dalam sebuah bingkai
yang berbentuk seperti layar TV, storyboard memperlihatkan gambar dari setiap
sorotan kamera individual. Adapun tiga tipe dasar produksi dalam pertelevisian
adalah:
- Produksi langsung. Adalah penayangan yang bersamaan dengan saat
kegiatan berlangsung.
- Produksi film.
- Produksi rekaman video
- Proses akhir
Klien pada umumnya harus
menyepakati satu iklan sebelum mulai diproduksi. Visual dan sorotan kamera
sebagaimana tergambarkan dalam storyboard yang diserahkan pada titik dalam
proses produksi ini bisa dibuat dengan tanagan ataupun dikreasi dengan
program-program komputer. Produksi video selalu merupakan sebuah upaya tim.
Segera setelah satu perusahaan produksi disewa, langkah besar berikutnya adalah
penemuan praproduksi. Disini, produser, sutradara, penata panggung, pengarah
bakat, dan berbagai tokoh kunci bertemu dengan produser agen dan copywriter
untuk menetapkann rincian yang harus dituntaskan sebelum pergi ke studio untuk
merekam film.
- Peran komputer dalam produksi
Komputer personal menciptakan
sebuah revolusi dalam produksi video. Produksi video menerapkan beragam
peralatan berpenggerak komputer, sebagai tambahan bagi animasi, yang telah
dibahas sebelumnya, manfaat jenis peralatan ini termasuk manipulasi citra.
- Produksi periklanan radio
Iklan-ilkan radio diproduksi
dalam satu dari dua cara. Ini bisa direkam dan digandakan untuk keperluan
distribusi, atau disiarkan secara langsung. Bentuk yang lebih umum dalah iklan
radio yang direkam. Mereka yang terlibat dalam produksi radio hendaknya akrab
dengan termanologi dasar seperti:
- Music in, music out, fade under
- Up, down
- SFX (efek suara)
- Segue (transisi musi untuk menjembatani antarbagian dalam sebuah
iklan)
Produksi Periklanan Internet
Periklanan internet berbeda
dari periklanan siaran dan cetak dalam kemampuannya untuk menjangkau satu
khalayak yang didefinisikan secara sempit, memungkinkan interaksi langsung di
antara konsumen dan pengiklan, dan menghubungkan konsumen ke informasi produk
atau perusahaan lain. Sifat internet menjadikan sebuah media periklanan dengan
kelas tersendiri. Produk, harga, dan pesan promosi dapat diubah sesering
mungkin mengikuti keadaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar