CHAPTER 6
Kebutuhan dan keinginan para
konsumen terus berubah. Agar berhasil, para pemasar perlu bersungguh-sungguh
berupaya untuk menentukan kebutuhan konsumen mereka sekarang. Agar periklanan
dapat menarik dan berkomunikasi dengan khalayaknya dalam cara tertentu sehingga
membuahkan hasil yang diinginkan, para pengiklan pertama-tama harus memahami
khalayak mereka. Mereka harus mengakrabkan diri dengan cara berpikir para
konsumen, dengan faktor-faktor yang memotvasi mereka, serta dengan lingkungan
dimana mereka hidup.
Produk dan pesan yang disesuaikan |
- Pengenalan kebutuhan: pengiklan mencoba mempengaruhi para pembeli
dengan membantu mereka mengenali kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh produk
sang pengiklan
- Pencarian informasi: pencarian informasi dapat bersifat internal
maupun eksternal. Para pembeli juga mendapatkan informasinya dari para
pemasar melalui iklan, paket, tenaga pejulan dan sebagainya.
- Evaluasi Alternatif: pembeli mengidentifikasi cara untuk memenuhi
kebutuhan dirinya dengan mencari pilihan terbaik menyangkut kualitas,
harga, waktu, pengiriman, dan faktor lain yang penting.
- Pembelian : tahap ini
termasuk penentuan jadi tidaknya membeli, apa yang dibeli, dan kapan
dibeli.
- Evaluasi Pasca-Pemebelian : Para konsumen biasanya menggunakan
kriteria kinerja berstandar untuk mengevaluasi pemasok utama.
Faktor yang mempengaruhi
pasar organisasi
Mengidentifikasi peran dalam
sebuah pusat pembelian adalah tahap kunci perencanaan periklanan yang efektif
karena orang dengan berbagai peran di pusat pembelian memiliki kebutuhan
informas dan kritria pembelian yang berbeda :
- Pengguna
- Pemberi pengaruh
- Pembuat keputusan
- Penjaga gerbang
- Pembelu
Permintaan turunan
Permintaan produk industri
diturunkan dari permintaan produk konsumen. Ketika permintaan konsumen akan
sebuah produk berubag, bergeraklah gelombang yang akan mempengaruhi permintaan
seluru perusahaan yang terlibat dalam produksi sebuah produk konsumen tersebut
Pemilihan pemasok
Seringkali ini menjadi proses
resmi di antara para pembeli organisasional, Hal ini mendorong pengiklan untuk
meyakinkan konsemen potensial bahwa merekalah adalah sumber produk yang mampu
dan dapat diandalkan
Iklan bisnis ke bisnis
Periklanan bisnis ke bisnis
umumnya menerapkan seruan-seruan rasional, mungkin karena para pembeli
organisasional diyakini menggunakan prosen pengambilan keputusan yang lebih
rasional daripada konsumen akhir
Faktor yang mempengaruhi pasar konsumen
- Faktor pribadi : seperti faktor demografis berupa karakteristik
individual sepersi usia, jender, tingkat pendidikan, pekerjaan dan pendapatan
- Faktor pskologis : faktor dalam diri individu yang mempengaruhi
perilaku pembelian mereka seperti persepsi, motif, sikap dan
kepribadiannya
- Persepsi : merujuk pada cara orang mengumpulkan dan mencatat
informasi
- Motivasi : dorongan dalam diri yang menggerakan konsumen memenuhi
bayangan akan sebuah kebutuhan didasari oleh kebutuhan akan cinta, seks
dan kekuasaaan.
- Sikap : evaluasi berkelanjuatan, perasaan dan kecendrungan
perilaku individu terhadap sebuah objek atau gagasan
- Gaya hidup : merupakan kegiatan, minat, opini dan pola konsumsi
seseorang
- Kepribadian
- Faktor sosial
- Budaya
- Kolompok rujukan
- Status sosial
Transformasi agen
Dalam menangapi tantangan
untuk mendapatkan pemahaman tentang konsumen, agen periklanan mulai
memperkerjakan Account Planner. Tugasnya adalah menyampaikan wawasan tentang
konsumen ke anggota tradisional dari tim dalam agen dan, sebagai akibatnya
menjadi bahan pertimbangan account executive.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar