BAB 4 / CHAPTER 4
Dalam bab ini , kita akan melihat seberapa dalam e –mail berpengaruh
pada pemasaran untuk perusahaan Anda . Kemudian, kita akan menguraikan beberapa
cara dalam menggunakan email sebagai salah
satu cara pemasaran, dan akan membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan
setelah Anda mengirim email tersebut.
Apa yang Email Dapat Lakukan untuk Anda
Sebelum Anda mulai ber’e-mail , pastikan Anda tahu mengapa ,
apa yang ingin Anda dapatkan dari pembaca, dan bagaimana mereka melakukan kontak dengan Anda
dan perusahaan Anda . Kampanye email berguna untuk berbagai bisnis yang berbeda
. Apakah Anda ingin menjual produk secara online , hanya untuk memberikan
info-info kepada pelanggan, atau untuk promosi dalam toko. Pemasaran dalam e -
mail akan sangat berfungsi untuk Anda . Seperti taktik pemasaran lainnya ,
pemasaran melalui email memiliki pro dan kontra .
Email Pro:
1. Nilai tambah bagi perusahaan Anda dengan meningkatkan kontak
klien
2. Mendorong terjadinya
info yang berulang lebih sering sehingga
menjaga merek Anda di benak konsumen
3. Membuka dialog dengan pelanggan Anda sehingga mereka dapat
berinteraksi dengan Anda sebanyak atau sesedikit yang mereka inginkan dan disesuaikan
dengan kebutuhan mereka .
4. Mengurangi biaya operasi : Memungkinkan pelanggan dengan
pertanyaannya seputar produk mencari
informasi sendiri, sehingga pelayanan melalui email berguna: mengurangi tekanan pada call center ,
mengurangi kertas, percetakan , dan biaya kirim surat , mengurangi kebutuhan
ruang penyimpanan jika produk yang tersedia secara online .
Email Kontra
Mengirim email kepada pelanggan membutuhkan waktu dan
disiplin
Penggunaan email yang
terlalu banyak dalam waktu bersamaan dapat menimbulkan spam yang membuat sulit email
untuk terbaca
Anda harus beradaptasi dengan email sebagai strategi
pemasaran terpadu , yang tidak hanya konsisten dalam kehadiran online
Kelima Tipe Dasar Email
Ada lima jenis email yang dapat Anda kirim:
1. Kesadaran (awareness) – email ini mengajak orang agar tahu
tentang perusahaan Anda dan apa yang Anda tawarkan
2. Pertimbangan (consideration)- email tersebut membandingkan
Anda untuk competitiors Anda atau menjelaskan secara spesifik produk dan jasa
yang Anda tawarkan
3. Konversi (conversion) - email ini mendorong penjualan dengan
kesepakatan , hal ini akan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran email
Anda
4. Penggunaan produk (product usage) email ini dikirim setelah
pembelian. Bertujuan untuk mensurvei , pelanggan terhadap layanan.
5. Loyalitas (loyality) - email ini mempertahankan hubungan
Anda ke customes dan mencakup hal-hal seperti update prodct , newsletter ,
acara , dll
Email adalah cara yang bagus untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang apa yang Anda
tawarkan . Tapi , satu hal yang setiap pengguna internet harapkan adalah adanya
kontrol atas informasi yang dikirimkan.
Apa yang Harus Kirimkan
Semua jenis bisnis yang berbeda dapat menggunakan pemasaran melalui
email . Anda hanya perlu tahu apa yang Anda inginkan dari para pembaca email
Anda
Baris subjek
Sebagai penerima email , kemungkinan Anda akan melihat
subject seluruh email yang masuk sebelum membuka apa-apa. Kuncinya di sini
adalah untuk memberikan hal yang menarik kepeda penerima agar membuka email
mereka . Spesifik tentang produk , merek , atau kejadian adalah kata-kata besar
yang menarik perhatian di baris subjek . buat subjek Anda kira-kira 60 karakter
atau kurang , serta berikan manfaat bagi konsumen .
Pesan
Membuat pesan Anda jelas dan ringkas . targetkan para pembaca
dengan tujuan yang spesifik : pastikan pembaca Anda tahu apa yang Anda ingin
mereka lakukan dan bagaimana melakukan itu . Simpan cerita Anda untuk blog ,
bukan untuk email . Email memiliki beberapa tujuan , dan setelah Anda memahamitujuan
dari emai tersebut , Anda akan lebih mampu menulis email yang berguna.
Pertama , mengingatkan pelanggan akan siapa Anda . Setelah
itu , paksa mereka untuk meninjau kembali bisnis Anda . Ketiga , membangun
hubungan . Selalu pastikan email tersebut benar dikirimkan sesuai nama dan alamat
yang ada. pesan Anda boleh sama atau tidak, namun yang terpenting adalah bagaimana
pelanggan nantinya berinteraksi dengan
perusahaan Anda .
Kepada Siapa Email itu akan Dikirim
Sama seperti yang akan Anda lakukan dalam format pemasaran
tradisional , Anda harus membangun sebuah daftar lead , atau calon pelanggan .
Ada beberapa cara untuk mendapatkan daftar calon pelanggan . Satu awal yang
baik adalah untuk memiliki daftar opt -in email di titik penjualan , sehingga
Anda dapat mengumpulkan email ketika orang pergi ke kantor gigi atau restoran .
Dengan cara ini Anda akan mendapatkan pembaca yang benar-benar tertarik .
Pelanggan akan sering menemukan website Anda terlebih dahulu
. Memungkinkan pengguna untuk opt -in adalah kuncinya , tetapi berikan beberapa
pilihan untuk berbagai jenis interaksi yang memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan
bahkan dengan mereka yang belum melakukan pembelian sekalipun . Kumpulkan email
dari berbagai titik kontak pelanggan dan hal itu merupakan salah satu dasar
dari daftar besar klien yang berpotensial menjadi pembeli nantinya .
Cara Mengirim Email Anda
Salah satu cara yang bagus untuk membuat email Anda adalah
membuatnya lebih menonjol daripada orang
lain, dan waktu pengiriman yang tepat adalah setiap sekali dalam mingguan Anda
. Email pertengahan minggu : akan memukul para email lain di tengah-tengah
minggu yang akan menaikan tingkat pembaca. Juga karena orang cenderung jarang
melihat email, berikan waktu untuk promosi jangka panjang . hal ini memudahkan
pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan tentang Anda , dan
mereka akan menjadi pelanggan seumur hidup .
Mempertahankan Kontak Email Anda
Menekan mengirim hanyalah awal dari pemasaran menggunakan
email sebagai strategi besar -besaran. Ketika Anda mulai mengirim email , atau
setiap kali Anda membuat perubahan pada apa yang Anda kirim , perhatikan siapa
yang menanggapi . Juga , pastikan Anda memberikan cara kepada klien untuk meneruskan info tentang bisnis
Anda kepada orang lain .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar