Minggu, 10 November 2013

4. Pemasaran Melalui Email (E-mail Marketing - second book)

BAB 4 / CHAPTER 4

Dalam bab ini , kita akan melihat seberapa dalam e –mail berpengaruh pada pemasaran untuk perusahaan Anda . Kemudian, kita akan menguraikan beberapa cara  dalam menggunakan email sebagai salah satu cara pemasaran, dan akan membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan setelah Anda mengirim email tersebut.

Apa yang Email Dapat Lakukan untuk Anda

Sebelum Anda mulai ber’e-mail , pastikan Anda tahu mengapa , apa yang ingin Anda dapatkan dari pembaca, dan  bagaimana mereka melakukan kontak dengan Anda dan perusahaan Anda . Kampanye email berguna untuk berbagai bisnis yang berbeda . Apakah Anda ingin menjual produk secara online , hanya untuk memberikan info-info kepada pelanggan, atau untuk promosi dalam toko. Pemasaran dalam e - mail akan sangat berfungsi untuk Anda . Seperti taktik pemasaran lainnya , pemasaran melalui email memiliki pro dan kontra .

Email Pro:
1. Nilai tambah bagi perusahaan Anda dengan meningkatkan kontak klien

2. Mendorong  terjadinya info  yang berulang lebih sering sehingga menjaga merek Anda di benak konsumen

3. Membuka dialog dengan pelanggan Anda sehingga mereka dapat berinteraksi dengan Anda sebanyak atau sesedikit yang mereka inginkan dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka .

4. Mengurangi biaya operasi : Memungkinkan pelanggan dengan pertanyaannya seputar produk  mencari informasi sendiri, sehingga pelayanan melalui email berguna:  mengurangi tekanan pada call center , mengurangi kertas, percetakan , dan biaya kirim surat , mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan jika produk yang tersedia secara online .

Email Kontra
Mengirim email kepada pelanggan membutuhkan waktu dan disiplin
Penggunaan email  yang terlalu banyak dalam waktu bersamaan dapat menimbulkan spam yang membuat sulit email untuk terbaca
Anda harus beradaptasi dengan email sebagai strategi pemasaran terpadu , yang tidak hanya konsisten dalam kehadiran online

Kelima Tipe Dasar Email


Ada lima jenis email yang dapat Anda kirim:
1. Kesadaran (awareness) – email ini mengajak orang agar tahu tentang perusahaan Anda dan apa yang Anda tawarkan

2. Pertimbangan (consideration)- email tersebut membandingkan Anda untuk competitiors Anda atau menjelaskan secara spesifik produk dan jasa yang Anda tawarkan

3. Konversi (conversion) - email ini mendorong penjualan dengan kesepakatan , hal ini akan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran email Anda

4. Penggunaan produk (product usage) email ini dikirim setelah pembelian. Bertujuan untuk mensurvei , pelanggan terhadap layanan.

5. Loyalitas (loyality) - email ini mempertahankan hubungan Anda ke customes dan mencakup hal-hal seperti update prodct , newsletter , acara , dll

Email adalah cara yang bagus untuk memberikan informasi  kepada pelanggan tentang apa yang Anda tawarkan . Tapi , satu hal yang setiap pengguna internet harapkan adalah adanya kontrol atas informasi  yang dikirimkan.

Apa yang Harus Kirimkan

Semua jenis bisnis yang berbeda dapat menggunakan pemasaran melalui email . Anda hanya perlu tahu apa yang Anda inginkan dari para pembaca email Anda

Baris subjek

Sebagai penerima email , kemungkinan Anda akan melihat subject seluruh email yang masuk sebelum membuka apa-apa. Kuncinya di sini adalah untuk memberikan hal yang menarik kepeda penerima agar membuka email mereka . Spesifik tentang produk , merek , atau kejadian adalah kata-kata besar yang menarik perhatian di baris subjek . buat subjek Anda kira-kira 60 karakter atau kurang , serta berikan manfaat bagi konsumen .
Pesan

Membuat pesan Anda jelas dan ringkas . targetkan para pembaca dengan tujuan yang spesifik : pastikan pembaca Anda tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan dan bagaimana melakukan itu . Simpan cerita Anda untuk blog , bukan untuk email . Email memiliki beberapa tujuan , dan setelah Anda memahamitujuan dari emai tersebut , Anda akan lebih mampu menulis email yang berguna.

Pertama , mengingatkan pelanggan akan siapa Anda . Setelah itu , paksa mereka untuk meninjau kembali bisnis Anda . Ketiga , membangun hubungan . Selalu pastikan email tersebut benar dikirimkan sesuai nama dan alamat yang ada. pesan Anda boleh sama atau tidak, namun yang terpenting adalah bagaimana pelanggan nantinya  berinteraksi dengan perusahaan Anda .

Kepada Siapa Email itu akan Dikirim

Sama seperti yang akan Anda lakukan dalam format pemasaran tradisional , Anda harus membangun sebuah daftar lead , atau calon pelanggan . Ada beberapa cara untuk mendapatkan daftar calon pelanggan . Satu awal yang baik adalah untuk memiliki daftar opt -in email di titik penjualan , sehingga Anda dapat mengumpulkan email ketika orang pergi ke kantor gigi atau restoran . Dengan cara ini Anda akan mendapatkan pembaca yang benar-benar tertarik .
Pelanggan akan sering menemukan website Anda terlebih dahulu . Memungkinkan pengguna untuk opt -in adalah kuncinya , tetapi berikan beberapa pilihan untuk berbagai jenis interaksi yang memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan bahkan dengan mereka yang belum melakukan pembelian sekalipun . Kumpulkan email dari berbagai titik kontak pelanggan dan hal itu merupakan salah satu dasar dari daftar besar klien yang berpotensial menjadi pembeli nantinya .

Cara Mengirim Email Anda

Salah satu cara yang bagus untuk membuat email Anda adalah membuatnya lebih  menonjol daripada orang lain, dan waktu pengiriman yang tepat adalah setiap sekali dalam mingguan Anda . Email pertengahan minggu : akan memukul para email lain di tengah-tengah minggu yang akan menaikan tingkat pembaca. Juga karena orang cenderung jarang melihat email, berikan waktu untuk promosi jangka panjang . hal ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan tentang Anda , dan mereka akan menjadi pelanggan seumur hidup .

Mempertahankan Kontak Email Anda

Menekan mengirim hanyalah awal dari pemasaran menggunakan email sebagai strategi besar -besaran. Ketika Anda mulai mengirim email , atau setiap kali Anda membuat perubahan pada apa yang Anda kirim , perhatikan siapa yang menanggapi . Juga , pastikan Anda memberikan cara kepada  klien untuk meneruskan info tentang bisnis Anda kepada orang lain .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar