Sabtu, 09 November 2013

12 Media cetak (first book)

CHAPTER 12

Bab 12
Media Cetak
Dalam beberapa dekade, majalah merupakan satu media yang tumbuh pesat untuk melayani kebutuhan dan kepentingan pendidikan, informasi, serta hiburan dari banyak pembaca dalam pasar konsumen maupun bisnis. Keragaman majalah yang besar ini menjadikan media yang menarik bagi banyak pengiklan.

 Klasifikasi majalah

Majalah umumnya dikategorikan berdasarkan khalayak luas yang mereka layani, sebagai:
  1. Majalah konsumen.
  2. Majalah bisnis
  3. Majalah pertanian
  4. Majalah komputer/ internet
  5. Majalah online

Kelebihan dan keurangan periklanan majalah

Majalah memiliki sejumlah karakteristik dan kualitas yang menjadikannya menarik sebagai sebuah media periklanan
  1. Kemampuan untuk menuju khalayak spesifik adalah ciri yang paling membedakan periklanan majalah dari media lain
  2. Majalah dicatat atas usia panjangnya dan keterlibatan pembaca yang tinggi.
  3. Iklan majalah meiliki kualitas cetak dan warna yang baik
  4. Majalah menawarkan format-format luwes yang menungkinkan ukuran-ukuran iklan berbeda. Demiakan pula dengan sisipan dan sampel aroma
  5. Terkadang, alih-alih membeli halaman periklanan standar, satu pengiklan menggunakan sisipan majalah
Meskipun kelebihan yang ditawarkan majalah cukup banyak, media ini dibatasi oleh faktor-faktor tertentu. Kekurangan terjelasnya adalah biaya yang tinggi, waktu tampilan (lead time) yang lama, kepadatan dan persaingan.

Membeli ruang periklanan majalah

Majalah menyidiakan kartu tingkat harga yang diberikan oleh standart rate and data service (SRDS) yang menunjukan seberapa banyak mereka menangih penempatan iklan di dalamnya. Semakin banyak warna yang digunakan dalam iklan, semakin besar harga yang diminta karena meningkatkanya biaya cetak. Tingkat harga ruang periklanan majalah dapat pula bervariasi menurut jumlah majalah sisipan selama periode tertentu.

Periklanan koran

Koran tetap menjadi sebuah media periklanan yang penting bagi para pengiklan lokal dan khususnya bagi para pengecer yang mengandalkan koran dalam jumlah besar. Karena koran memungkinkan komunikasi segera, para pengecer menggunakan media ini untuk mengumumkan penjualan dan menawarkan kupon diskon.

Klasifikasi koran

Sebagaimana majalah, terdapat klasifikasi atau tipe-tipe koran seperti harian, mingguan, nasional, khalayak khusus dan pennysaver (publikasi lokal dengan format koran dan isi non-iklan yang minimal, terutama didanai oleh iklan dan dikirmkan secara gratis ke seluruh alamat dalam satu wilayah geografis). Majalah koran adalah hibrida dari dua media cetak. Koran memiliki satu editor dan staf majalah terpisah, dan formatnya menyerupai dengan yang terdapat pada majalah, dengan kisah-kisah lebih panjang yang diilustrasikan melalui foto bewarna berukuran besar.

Kelebihan dan kekurangan periklanan koran 

Kelebihan koran:
  1. Koran memberikan cakupan lengak dan tidak dibatasi pada kelompok sosioekonomi atau demografis tertentu- hampir semua orang membaca koran
  2. Perikalanan koran dapat dilakukan dengan cara cepat. Waktu dan tampilan singkat memungkinkan para periklanan mengaitkan materi iklan dengan perkembangan pasar lokal, sehingga hasilnya lebih responsif.
  3. Iklan dapat dengan cepat dan mudah diubah.
  4. Koran menarik mereka yang telah berminat untuk membaca, jadi koran memberikan khalayak sekaligus ruang bagi materi panjang dan terinci, termasuk daftar produk dan harga
  5. Edisi khusus meungkinkan penargetan secara cepat.
  6. Kebanyakan koran ditargetakan secara geografis.

Kekurangan koran:

  1. Koran tidak memiliki usia baca
  2. Pengiklanan nasional harus melakukan penanganan terpisah terhadap setiap penerbit koran.
  3. Terdapat pula variasi besar dalam kualitas cetak dan warna dalam berbagai koran
  4. Serupa dengan periklanan majalah, banyak iklan koran harus muncul di tengah-tengah kepadatan iklan lain

Tipe-tipe periklanan koran

  1. Periklanan baris          
  2. Periklanan display : iklan yang umumya menggunakan ilustrasi, judul iklan, ruang kosong dan piranti visual lain sebagai tambahan bagi materi tulisan.
  3. Sisipan pracetak: iklan yang tidak dimunculkan pada halaman koran itu sendiri melainkan dicetak oleh pengiklan dan selanjutnya disisipkan di dalam koran sebelum dikirimkan.
  4. Pengumuman publik: dengan menyertakan beragam laporan atau pengumuman pemerintah dan keuangan, pengumuman publik tentang perubahan dalam bisnis dan hubungan pribadi.

Membeli ruang koran


Tingkat harga periklanan adalah jumlah yang diminta koran bagi ruang periklanan. Tingkat harga kombinasi sering kali tersedia bagi penempatan iklan tertentu dalam: (1) dua atau lebih koran yang memiliki penerbit yang sama; (2) dalam edisi pagi dan sore dari koran yang sama; (3) pada beberapa kasus,  dalam dua atau lebih koran yang berafiliasi dengan satu sindikasi atau kelompok koran. Tingkat harga periklanan mewajibkan sebuah koran menempatkan iklan pada halaman atau posisi apapun yang dikehendaki pengiklan.

1 komentar:

  1. Here you can sell and buy both new and used products.
    Free classified sites are perfect for selling just about anything at all.
    More at free classifieds site

    BalasHapus