BAB 9 / CHAPTER 9
Facebook : sejarah singkat
Bermula dari mahasiswa dari Harvard , Facebook kini telah menjadi
jaringan sosial terbesar di web . Profil Facebook dasarnya semuanya terlihat
sama dalam hal tata letak , fitur , skema warna huruf dll . hal ini membuat sedikit lebih sulit untuk menempatkan merek profil
Anda dengan gambar perusahaan Anda . Tapi itu adalah cara untuk menghubungkan
perusahaan Anda kepada orang-orang , dan mengundang orang-orang untuk mengenal Anda tanpa harus mencari, atau harus mengemail
ke ratusan kontak .
Menyiapkan akun Facebook Anda
Langkah pertama adalah pergi ke www.facebook.com , dan dapatkan
account pribadi , meskipun Anda dapat membuka halaman grup tanpa profil
Facebook pribadi. Pasang foto profil Anda, idealnya logo perusahaan Anda ,
dan deskripsi siapa Anda dan apa yang Anda lakukan . Anda akan mengambil kategori
bisnis dan mengisi semua info yang tertera. Dari sana , Anda dapat menambahkan
foto , video, link ke kelompok lain , dan yang paling penting , FANS !
Ini adalah ide yang baik untuk membuat profil pribadi jika
Anda ingin lebih banyak orang dapat menemukan Anda . Salah satu caranya adalah
, orang akan mencari Anda dengan menggunakan fungsi pencarian Facebook dan
melihat apakah nama Anda muncul.
Grup
Jika perusahaan Anda cukup besar dan memungkinkan untuk karyawan
Anda menjadi bagian dari facebook, atau jika Anda adalah bagian dari sebuah
kelompok perdagangan atau organisasi usaha kecil , Anda harus mempertimbangkan
dalam mendirikan sebuah kelompok Facebook bersama-sama . Dengan cara ini Anda
dapat berbagi semua informasi dan peristiwa , dan klien Anda dapat terhubung bersama-sama. Ketika salah satu update dilakukan oleh perusahaan, setiap orang dalam
kelompok akan melihatnya pada halaman mereka.
Anda dapat membuat grup Anda publik atau swasta : jika Anda
memiliki staf besar , Anda mungkin ingin membuat grup pribadi staf untuk
menjaga karyawan dalam lingkaran Anda . Tetapi cara terbaik untuk melibatkan
perusahaan lain dan semua karyawan adalah bahwa siapa pun dapat melihat
updatean terbaru , namun hanya sedikit yang bisa mengelola akun facebook
tersebut.
Berinteraksi dengan komunitas di Facebook
Berikut adalah cara Anda terhubung di jaringan Facebook
1. Menemukan teman / penggemar
Pertama , Anda harus memiliki beberapa lead dari teman staf
Anda , dan dari lead email Anda . Anda juga dapat melihat untuk teman-teman
baru yang potensial :
2. Temannya teman Anda
3. Terkait kelompok / pemimpin industri .
Jika Anda ingin , Anda dapat mencari orang yang Anda kenal
secara pribadi untuk menjadi penggemar perusahaan Anda , tetapi pastikan untuk
memeriksa apakah mereka masih akan menjadi kontak yang relevan bagi perusahaan
Anda . Dan pastikan orang dapat melihat dengan jelas teman yang memiliki pertemanan yang sama
dengan anda.
Memperbarui status Anda
Sering memperbarui status Anda membuat orang tahu Anda
secara aktif terlibat dalam lingkungan Facebook. Tetaplah mengupdate informasi
baru, dan konsumen akan terus ingin mengikuti akan apa yang Anda lakukan .
Menggunakan dinding Anda (wall)
Ini adalah papan pesan publik di mana orang dapat melihat
apa yang teman-teman katakan tentang satu dengan yang lain. Fans akan menulis
di dinding Anda , dan Anda dapat menulis di dinding orang lain . Salah satu
penggunaan dinding untuk perusahaan Anda adalah untuk menulis di dinding
kelompok lain yang terkait dan di halaman perusahaan lain, seperti ucapan
selamat pada peristiwa besar bagi perusahaan mereka .
Papan Diskusi
Seperti chat room atau thread komentar di akhir posting an blog
, papan diskusi adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan Anda . Anda
juga dapat membiarkan orang tahu tentang diskusi yang terjadi pada blog anda
atau melalui email . Untuk membuat orang lebih berpartisipasi , targetkan orang
tersebut dan undang konsumen Anda pada wilayah demografis tertentu untuk
umpan balik mereka pada produk atau jasa anda .
Pemberitahuan
Bila perusahaan Anda memiliki acara besar atau promosi ,
Anda dapat mengirimkan pemberitahuan kepada fans Anda . Ini adalah cara yang
bagus untuk memberi informasi lebih banyak tentang kabar dengan sedikit uraian
pada status . Beritahu penggemar Anda ketika Anda telah menerbitkan album foto
baru , atau video tambahan , atau membuat acara . Biarkan penggemar Anda tahu
bahwa perusahaan Anda sedang melakukan banyak acara . Orang-orang tertarik
dengan peningkatan aktivitas.
Catatan dan Pesan
Anda dapat mengirim catatan ke semua fans Anda , mulai dari
yang sedikit seperti email, posting atau blog. Tidak ada cara untuk meng link blog Anda ke halaman Facebook
Anda , tetapi Anda dapat mengirim posting blog penting pada catatan Anda dan
mengundang teman-teman dan penggemar untuk membacanya .
Pesan akan benar-benar hanya digunakan untuk berkomunikasi
pribadi di Facebook . Pesan adalah cara terbaik untuk menangani komentar
negatif , atau untuk membantu orang dengan masalah layanan pelanggan yang
spesifik .
Facebook ekstra
Jika Anda memiliki pengetahuan teknologi sedikit, Anda dapat
membuat aplikasi yang orang dapat menempatkan profil mereka sendiri . Aplikasi
ini dapat berupa seperti game , atau sedikit user virtual, dan mereka akan mendapatkan cara yang unik untuk berinteraksi
dengan Anda melalui jaringan sosial baru . Dibutuhkan sedikit waktu dan
keterampilan pemrograman komputer , tapi dapat membuat perusahaan Anda menonjol
disatu sisi.
Bahaya dari Facebook dan cara menghindarinya
Situs jejaring sosial membutuhkan waktu dan energi. teman
online Anda mungkin benar-benar mengharapkan perhatian Anda , dan jika Anda
tidak punya waktu untuk berada di sana untuk mereka , mereka akan menemukan
teman-teman baru di tempat lain .
Hal ini diperlukan untuk menjaga profesionalisme , seperti
situs jejaring sosial lainnya .
Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk terlibat dengan teman-teman
kita ,pastikan bahwa semua interaksi Anda tetap profesional.
Dan bahkan di Facebook terdapat juga adanya spam . Akhirnya
internet mengaburkan kepentingan pribadi dan profesional , publik dan swasta .
Jadi berhati-hatilah akan apa yang Anda posting dan siapa yang memungkinkan posting ke profil anda.
Pemberitahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar