Selasa, 12 November 2013

9. Facebook (Facebook- second book)

BAB 9 / CHAPTER 9

Facebook : sejarah singkat

Bermula dari mahasiswa dari Harvard , Facebook kini telah menjadi jaringan sosial terbesar di web . Profil Facebook dasarnya semuanya terlihat sama dalam hal tata letak , fitur , skema warna huruf dll . hal ini membuat  sedikit lebih sulit untuk menempatkan merek profil Anda dengan gambar perusahaan Anda . Tapi itu adalah cara untuk menghubungkan perusahaan Anda kepada orang-orang , dan mengundang orang-orang untuk mengenal  Anda tanpa harus mencari, atau harus mengemail ke ratusan kontak .


Menyiapkan akun Facebook Anda

Langkah pertama adalah pergi ke www.facebook.com , dan dapatkan account pribadi , meskipun Anda dapat membuka halaman grup tanpa profil Facebook pribadi. Pasang foto profil Anda, idealnya logo perusahaan Anda , dan deskripsi siapa Anda dan apa yang Anda lakukan . Anda akan mengambil kategori bisnis dan mengisi semua info yang tertera. Dari sana , Anda dapat menambahkan foto , video, link ke kelompok lain , dan yang paling penting , FANS !
Ini adalah ide yang baik untuk membuat profil pribadi jika Anda ingin lebih banyak orang dapat menemukan Anda . Salah satu caranya adalah , orang akan mencari Anda dengan menggunakan fungsi pencarian Facebook dan melihat apakah nama Anda muncul.

Grup
Jika perusahaan Anda cukup besar dan  memungkinkan untuk karyawan Anda menjadi bagian dari  facebook, atau jika Anda adalah bagian dari sebuah kelompok perdagangan atau organisasi usaha kecil , Anda harus mempertimbangkan dalam mendirikan sebuah kelompok Facebook bersama-sama . Dengan cara ini Anda dapat berbagi semua informasi dan peristiwa , dan klien Anda dapat terhubung bersama-sama. Ketika salah satu update dilakukan oleh perusahaan, setiap orang dalam kelompok akan melihatnya pada halaman mereka.
Anda dapat membuat grup Anda publik atau swasta : jika Anda memiliki staf besar , Anda mungkin ingin membuat grup pribadi staf untuk menjaga karyawan dalam lingkaran Anda . Tetapi cara terbaik untuk melibatkan perusahaan lain dan semua karyawan adalah bahwa siapa pun dapat melihat updatean terbaru , namun hanya sedikit yang bisa mengelola akun facebook tersebut.

Berinteraksi dengan komunitas di Facebook
Berikut adalah cara Anda terhubung di jaringan Facebook
1. Menemukan teman / penggemar
Pertama , Anda harus memiliki beberapa lead dari teman staf Anda , dan dari lead email Anda . Anda juga dapat melihat untuk teman-teman baru yang potensial :
2. Temannya teman Anda
3. Terkait kelompok / pemimpin industri .
Jika Anda ingin , Anda dapat mencari orang yang Anda kenal secara pribadi untuk menjadi penggemar perusahaan Anda , tetapi pastikan untuk memeriksa apakah mereka masih akan menjadi kontak yang relevan bagi perusahaan Anda . Dan pastikan orang dapat melihat dengan jelas teman yang memiliki pertemanan yang sama dengan anda.

Memperbarui status Anda
Sering memperbarui status Anda membuat orang tahu Anda secara aktif terlibat dalam lingkungan Facebook. Tetaplah mengupdate informasi baru, dan konsumen akan terus ingin mengikuti  akan apa yang Anda lakukan .

Menggunakan dinding Anda (wall)
Ini adalah papan pesan publik di mana orang dapat melihat apa yang teman-teman katakan tentang satu dengan yang lain. Fans akan menulis di dinding Anda , dan Anda dapat menulis di dinding orang lain . Salah satu penggunaan dinding untuk perusahaan Anda adalah untuk menulis di dinding kelompok lain yang terkait dan di halaman perusahaan lain, seperti ucapan selamat pada peristiwa besar bagi perusahaan mereka .

Papan Diskusi
Seperti chat room atau thread komentar di akhir posting an blog , papan diskusi adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan Anda . Anda juga dapat membiarkan orang tahu tentang diskusi yang terjadi pada blog anda atau melalui email . Untuk membuat orang lebih berpartisipasi , targetkan orang tersebut dan undang konsumen Anda pada wilayah demografis tertentu untuk umpan balik mereka pada produk atau jasa anda .

Pemberitahuan
Bila perusahaan Anda memiliki acara besar atau promosi , Anda dapat mengirimkan pemberitahuan kepada fans Anda . Ini adalah cara yang bagus untuk memberi informasi lebih banyak tentang kabar dengan sedikit uraian pada status . Beritahu penggemar Anda ketika Anda telah menerbitkan album foto baru , atau video tambahan , atau membuat acara . Biarkan penggemar Anda tahu bahwa perusahaan Anda sedang melakukan banyak acara . Orang-orang tertarik dengan peningkatan aktivitas.

Catatan dan Pesan

Anda dapat mengirim catatan ke semua fans Anda , mulai dari yang sedikit seperti email, posting atau blog. Tidak ada cara  untuk meng link blog Anda ke halaman Facebook Anda , tetapi Anda dapat mengirim posting blog penting pada catatan Anda dan mengundang teman-teman dan penggemar untuk membacanya .
Pesan akan benar-benar hanya digunakan untuk berkomunikasi pribadi di Facebook . Pesan adalah cara terbaik untuk menangani komentar negatif , atau untuk membantu orang dengan masalah layanan pelanggan yang spesifik .

Facebook ekstra
Jika Anda memiliki pengetahuan teknologi sedikit, Anda dapat membuat aplikasi yang orang dapat menempatkan profil mereka sendiri . Aplikasi ini dapat berupa seperti game , atau sedikit user virtual, dan mereka akan  mendapatkan cara yang unik untuk berinteraksi dengan Anda melalui jaringan sosial baru . Dibutuhkan sedikit waktu dan keterampilan pemrograman komputer , tapi dapat membuat perusahaan Anda menonjol disatu sisi.

Bahaya dari Facebook dan cara menghindarinya
Situs jejaring sosial membutuhkan waktu dan energi. teman online Anda mungkin benar-benar mengharapkan perhatian Anda , dan jika Anda tidak punya waktu untuk berada di sana untuk mereka , mereka akan menemukan teman-teman baru di tempat lain .
Hal ini diperlukan untuk menjaga profesionalisme , seperti situs jejaring sosial lainnya .
Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk terlibat dengan teman-teman kita ,pastikan bahwa semua interaksi Anda tetap profesional.  
Dan bahkan di Facebook terdapat juga adanya spam . Akhirnya internet mengaburkan kepentingan pribadi dan profesional , publik dan swasta . Jadi berhati-hatilah akan apa yang Anda posting dan siapa yang memungkinkan posting ke profil anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar