CHAPTER 15
Bab 15 Pemasaran Langsung / Periklanan Respon Langsung |
Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung adalah
sebuah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media
periklanan untuk menggugah kecukupan tanggapan atau transaksi di suatu lokasi.
Ada empat komponen dalam
pemasaran langsung. Yaitu:
- Pemasaran langsung adalah sebuah sistem interaktif yang menyertakan komunikasi pribadi antara pemasar dan konsumen.
- Pemasaran langsung melibatkan satu atau lebih media.
- Pemasaran langsung dapat diukur (memungkinkan pemasar menghitung
secara tepat biaya produksi dari upaya komunikasi dan perolehan yang dihasilkan)
- Lokasi tidak tidak menjadi isu dalam pemasaran langsung.
Periklanan respon langsung
Periklanan respon langsung
adalah sebuah istilah yang digunakan secara sinonim dengan pemasaran langsung.
Saluran-saluran respon/tanggapan langsung termasuk pos langsung, katolog,
telepon, barang cetakan, televisi dan elektronik, serta media interkatif.
Periklanan respon langsung tidak hanya terbatas pada pemasaran konsumen, namun
juga bisnis ke bisnis maupun konsumen jasa keuangan. Organisasi nirlaba
menggunakan periklanan respon langsung secara intensif untuk mengumpulkan dana
dan mempertahankan keanggotaan.
Kemajuan kemajuan teknologi
telah menjadikan pemasaran langsung lebih efisien bagi para pemasar dan lebih
menguntungkan bagi para pembelanja.
Sejarah pemasaran langsung
Pemasaran langsung adalah
sebuah industri yang merentang selama tujuh abad, berkembang dari distribusi
katalog benih di pedesaan hingga pemasaran database. Teknologi komputer
memungkinkan penyimpanan dan pemanggilan informasi tentang para konumen,
membuka jalan bagi pemasar yang lebih efektif serta penciptaan dan manajemen hubungan di antara pembeli dan
penjual. Berdasarkan ini beberapa pemimpin industri mengistilahkan pemasaran
langsung dengan pemsaran hubungan.
Pos langsung
Periklanan pos langsung
merujuk pada materi periklanan apapun yang dikirimkan secara langsung ke mereka
yang diharapkan dapat memengaruhi pasar. Iklan-iklan ini mengambil bentuk
surat, katalog, dan sebagainya. Pos langsung dapat berupa dan tampak sebagai
apa saja, namun kebanyakan mengikuti format yang cukup konvensional. Sebuah paket
pos langsung biasanya menyertakan surat, brosur, iklan, tamabahan dan kartu
jawaban dengan amplop pengembalian di dalam sebuah amplop lain.
Meskipun pos-pos langsung
tidak dibatasi oleh pertimbangan waktu dan ruang sebagaimana media cetak,
siaran dan yang lain, meeka tetap perlu mematuhi aturan dan regulasi pos.
Biasanya, surat-surat pos langsung:
- Menerapkan pembuka untuk memikat perhatian.
- Mengkomunikasikan manfaat produk.
- Meneguhkan sebuah hubungan pribadi menggunakan nama penerima dalam
kalimat awal, tanda tangan sebenarnya, nada bersahabat, dan bahasa
berorientasi Anda.
- Ditutupi dengan ajakan final.
Pemasaran katalog
Dengan semakin banyak
keluarga berpenghasilan tinggi yang berbelanjan di rumah, katalog khusus
menjadi bisnis besar. Katalog menawarkan ruang bagi kreativitas yang hampir
tanpa batas. Sampul katalog adalah pertimbangan utama dalam desain katalog. Sampul
belakan biasanya menampilkan produk yang paling cenderung menggugah minat
konsumen. Di bagian dalam, halaman kunci di mana produk paling laku atau baru
sering disajikan adalah sisi dalam sampul dan halaman tengah. Katalog bisa
mendorong pembelian lewat penawaran barang-barang obral, hadiah gratis bagi
pembelian produk tertentu atau pemesanan dalam jumlah tertentu.
Pemasaran langsung & lingkungan
Salah satu keprihatinan
terbesar para konsumen menyangkut katalog dan pos langsung adalah pemborosan
kertas. Katalog elektronik menjadi pilihan selanjutnya.
Telemarketing
Penjualan pribadi begitu
mahal, namun sangat persuasif. Telemarketing hampir memiliki tingkat persuasi
yang sama, namun jauh lebih rendah biayanya. Meski demikian, telemarketing tidaklah
tepat bagi beberapa organisasi. Telemarketing harus efisien untuk dapat dibenarkan. Pendapatan harus
mampu membenarkan biaya dasar. Kebanyakan perusahaan yang menggunakan
telemarketing menyewa sebuah perusahaan khusus untuk menangani permintaan dan
pengambilan pesanan. Perusahaan biasanya tidak memiliki fasilitas untuk
menangani tanggapan masal (pemasaran sisi belakang)
Terdapat dua bentuk pemasaran
telepon yang biasa dipraktikan. Yang pertama melibatkan panggilan tentang
pesanan, permintaan informasi, dan keluhan. Yang lain melibatkan panggilan dari
para tenaga penjual. Perusahaan bisa menangani telemarketingnya sendiri,
mempekerjakan, dan mengendalikan tenaga pemasarannya sendiri, ataupun
mengkontrak sebuah perusahaan telemarketing untuk menyediakan jasa tersebut.
Pemasaran langsung Nirlaba
Organisasi nirlaba bukan
hanya sekedar menerapkan pos langsung, namun juga menggunakan strategi
tanggapan langsung lain dalam kampanye pengumpulan dananya. Kecendrungan mutakhir
dalam pengumpulan dana, yang bagi sebagian orang dianggap bermasalah adalah
penggunaan barang-barang guna mendapatkan sumbangan.
Isu-isu privasi
Adapun satu hukum baru yang
melindungi konsumen dari panggilan telemarketing. Sebagian bagian dari
telephone consumer protection act (tahun 1991) di antara lain seperti, membatasi
panggilan telemarketing wilayah hunian antar pukul 8 pagi hingga 9 malam;
melarang penggunaan pemanggil otomatis atau pesan perekam bagi jalur darurat
dan fasilitas perawatan kesehatan; memperbolehkan konsumen dan pihak wewenang
negara untuk menuntut para pelaku telemarketing di pengadilan.
Pemasaran bisnis ke bisnis
Wilayah bisnis-ke-bisnis
telah mengalami kecendrungan menjauh dari komunikasi pasar masal ke pemasaran
langsung yang memungkinkan komunkasi dua-arah pembangun hubungan. Pemasar bisnis-ke-bisnis
selangkah di depan ketimbang pemasar konsumen menyangkut penggunaan jaringan
online, internet, CD-ROM, dalam periklanan dan penjualan barang-barang. Para pengiklan
bisnis-ke-bisnis perlu melakukan apa yang dilakukan pemasar-pemasar
langsung-kreatif dalam membuat daftar, pesan, dan tawaran.
Pemasaran tanpa batas
Masa depan pemasaran langsung
bergantung pada kemampuannya untuk melintas budaya-budaya dan batas-batas
lain, entah di dalam maupun di luar negri.
Pemasaran langsung & komunitas Etnik
Para pemasar meningkatkan
penggunaan pos langsung mereka pada pasar hisopanik karena perbaikan-perbaikan
dalam daftar pengiriman dan eksekusi yang lebih baik. Para pemasar juga dapat
menyampaikan penghormatan dalam bahan-bahan pos langsung, menampilkan budaya,
menempatkan penekanan pada keluarga dalam komunikasi, dan menggunakan warna tradisional.
Pemasaran langsung internasional
Para pemasar langsung
biasanya mempersiapkan kiriman dalam bahasa asli konsumen dan menyesuaikan
pilihan-pilihan pembayaran.
http://obat-aborsi-alami.blogspot.com/
BalasHapushttp://obatpembesarpenis-69.com/obat-pembesar-penis-klg/
BalasHapus