CHAPTER 12
Bab 12 Media Cetak |
Klasifikasi majalah
Majalah umumnya dikategorikan
berdasarkan khalayak luas yang mereka layani, sebagai:
- Majalah konsumen.
- Majalah bisnis
- Majalah pertanian
- Majalah komputer/ internet
- Majalah online
Kelebihan dan keurangan periklanan majalah
Majalah memiliki sejumlah
karakteristik dan kualitas yang menjadikannya menarik sebagai sebuah media
periklanan
- Kemampuan untuk menuju khalayak spesifik adalah ciri yang paling
membedakan periklanan majalah dari media lain
- Majalah dicatat atas usia panjangnya dan keterlibatan pembaca yang
tinggi.
- Iklan majalah meiliki kualitas cetak dan warna yang baik
- Majalah menawarkan format-format luwes yang menungkinkan
ukuran-ukuran iklan berbeda. Demiakan pula dengan sisipan dan sampel aroma
- Terkadang, alih-alih membeli halaman periklanan standar, satu
pengiklan menggunakan sisipan majalah
Meskipun kelebihan yang
ditawarkan majalah cukup banyak, media ini dibatasi oleh faktor-faktor
tertentu. Kekurangan terjelasnya adalah biaya yang tinggi, waktu tampilan (lead
time) yang lama, kepadatan dan persaingan.
Membeli ruang periklanan majalah
Majalah menyidiakan kartu
tingkat harga yang diberikan oleh standart rate and data service (SRDS) yang
menunjukan seberapa banyak mereka menangih penempatan iklan di dalamnya.
Semakin banyak warna yang digunakan dalam iklan, semakin besar harga yang
diminta karena meningkatkanya biaya cetak. Tingkat harga ruang periklanan
majalah dapat pula bervariasi menurut jumlah majalah sisipan selama periode
tertentu.
Periklanan koran
Koran tetap menjadi sebuah
media periklanan yang penting bagi para pengiklan lokal dan khususnya bagi para
pengecer yang mengandalkan koran dalam jumlah besar. Karena koran memungkinkan
komunikasi segera, para pengecer menggunakan media ini untuk mengumumkan
penjualan dan menawarkan kupon diskon.
Klasifikasi koran
Sebagaimana majalah, terdapat
klasifikasi atau tipe-tipe koran seperti harian, mingguan, nasional, khalayak
khusus dan pennysaver (publikasi lokal dengan format koran dan isi non-iklan
yang minimal, terutama didanai oleh iklan dan dikirmkan secara gratis ke
seluruh alamat dalam satu wilayah geografis). Majalah koran adalah hibrida dari
dua media cetak. Koran memiliki satu editor dan staf majalah terpisah, dan
formatnya menyerupai dengan yang terdapat pada majalah, dengan kisah-kisah
lebih panjang yang diilustrasikan melalui foto bewarna berukuran besar.
Kelebihan dan kekurangan periklanan koran
- Koran memberikan cakupan lengak dan tidak dibatasi pada kelompok
sosioekonomi atau demografis tertentu- hampir semua orang membaca koran
- Perikalanan koran dapat
dilakukan dengan cara cepat. Waktu dan tampilan singkat memungkinkan para
periklanan mengaitkan materi iklan dengan perkembangan pasar lokal,
sehingga hasilnya lebih responsif.
- Iklan dapat dengan cepat dan mudah diubah.
- Koran menarik mereka yang telah berminat untuk membaca, jadi koran
memberikan khalayak sekaligus ruang bagi materi panjang dan terinci,
termasuk daftar produk dan harga
- Edisi khusus meungkinkan penargetan secara cepat.
- Kebanyakan koran ditargetakan secara geografis.
Kekurangan koran:
- Koran tidak memiliki usia baca
- Pengiklanan nasional harus melakukan penanganan terpisah terhadap
setiap penerbit koran.
- Terdapat pula variasi besar dalam kualitas cetak dan warna dalam
berbagai koran
- Serupa dengan periklanan majalah, banyak iklan koran harus muncul
di tengah-tengah kepadatan iklan lain
Tipe-tipe periklanan koran
- Periklanan baris
- Periklanan display : iklan yang umumya menggunakan ilustrasi,
judul iklan, ruang kosong dan piranti visual lain sebagai tambahan bagi
materi tulisan.
- Sisipan pracetak: iklan yang tidak dimunculkan pada halaman koran
itu sendiri melainkan dicetak oleh pengiklan dan selanjutnya disisipkan di
dalam koran sebelum dikirimkan.
- Pengumuman publik: dengan menyertakan beragam laporan atau
pengumuman pemerintah dan keuangan, pengumuman publik tentang perubahan
dalam bisnis dan hubungan pribadi.
Membeli ruang koran
Tingkat harga periklanan
adalah jumlah yang diminta koran bagi ruang periklanan. Tingkat harga kombinasi
sering kali tersedia bagi penempatan iklan tertentu dalam: (1) dua atau lebih
koran yang memiliki penerbit yang sama; (2) dalam edisi pagi dan sore dari
koran yang sama; (3) pada beberapa kasus,
dalam dua atau lebih koran yang berafiliasi dengan satu sindikasi atau
kelompok koran. Tingkat harga periklanan mewajibkan sebuah koran menempatkan
iklan pada halaman atau posisi apapun yang dikehendaki pengiklan.
Here you can sell and buy both new and used products.
BalasHapusFree classified sites are perfect for selling just about anything at all.
More at free classifieds site