CHAPTER 13
Bab 13 Media Siaran |
Periklanan televisi
Dua kategori utama siaran
televisi yang penting dalam periklanan adalah televisi jaringan dan kabel.
Dalan televisi jaringan, sebuah bisnis independen yang disebut jaringn,
mengabungkan stasiun-stasiun televisi individual yang menyiarkan
program-program dan periklananya. Para pelanggan kabel membayar iuran bulanan
untuk tiga puluh atau lebih saluran yang mereka terima.
Kelebihan dan kekurangan televisi
Kelebihan televisi sebagai berikut:
- Metode biaya per seribu televisi cukup efisien.
- Televisi memungkinkan demonstrasi produk atau jasa.
- Televisi gampang beradapatasi, memungkinkan adanya kombinasi
suara, warna dan gerakan.
- Sulit bagi para pemirsa untuk mengalihkan pandangan dari sebuah komersial.
Namun, sebagai media
periklanan, televisi mengalami beberapa masalah seperti:
- Biaya absolut untuk memproduksi dan menayangkan komersial telah
menjadi demikian tinggi.
- Dengan penemuan remote control, mempercepat pemirsa meindahkan
saluran dan memeprcepat iklan
- Meningkatnya penggunaan pengumumna promosi oleh jaringan untuk
merangsang pemirsa melihat program yang gencar dipromosikan serta
meningkatnya komersial pendek.
Membeli periklanan televisi
Pembelian periklanan televisi
adalah fase yang sangat khusus dalam bisnis periklanan, terutama bagi
perusahaan besar yang membelanjakan uang dalam jumlah sangat besar. Pengiklanan
besar yang banayak memanfaatkan periklanan tlevisi umumnya menggunakan para
spesialis media dari agen atau jasa yang mengkhususkan diri dalam pembelian
media, guna mengatur jadwal membeli waktu siaran televisi.
Metode membeli waktu periklanan
Sejumlah pilihan tersedia
bagi para pengiklan yang memilih televisi sebagai bagian dari bauran media
mereka. Sebagian dari pilihan pilihan ini termasuk mensponsori program secara
utuh, berpartisipasi dalam sebuah program, membeli pengumuman spot antar
program, dan membeli spot dari pemegang sindikasi. Pengiklan dapat juga
mensponsori sebiah progrm yang utuh. Para pengiklan dapat memilih membayar iklan
selama sepuluh, 15, 30 atay 60 detik selama sebuah program tertentu.
Kategori waktu televisi
Waktu televisi dibagi menjadi
bagian-bagian hari. Terdapat tingkat penonton televisi yang berbeda pada setiap
bagian hariu, yang tertinggi adalah prime time (8-11 malam) Fringe time adalah
berada di pinggiran waktu dengan tontonan pemirsa tertinggi.
Periklanan kooperatif
Karena tingginya biaya
periklanan televisi, dua perusahaan sering kali satu manufaktur dan satu
distributor bisa mengatur untuk berbagi biaya. Periklanan kooporatif memberikan
lebih banyak paparan dengan harga yang masuk akal bagi kedua mitra,
menggandakan efektivitas anggaran keduanya.
Periklanan radio
Radio adalah media populer
bagi periklanan eceran lokal karena biayanya relatif rendah dan cakupan
lokalnya.
Kelebihan dan kekurangan radio
Adalah penting untuk memahami
kekuatan dan kelemahan relatif dari media ini untuk membuat keputusan cerdas.
Kelebihannya adalah:
- Radio bersifat luwes. Iklan dapat diudarakan hampir kapanpun
diinginkan dan hanya memerlukan perhatian awal yang singkat.
- Komersial radio juga tidak mahal untuk diproduksi.
- Radio dapat menjangkau khalayak spesifik (khusus), seperti kaum
pria, kaum wanita, orang lanjut usia, dan pasar etnik.
Sementara kelemahan radio sebagai:
- Khalayak dapat mempengaruhi kepemilikan minoritas dari stasiun
radio.
- Radio hanyalah sebuah media yang didengarkan, dan para pendengar
tidak dapat melihat produk yang diiklankan.
- Tingginya fragmentasi khalayak yang terjadi karena banyaknya
jumlah stasiun.
Membeli waktu radio
Berikut adalah pertimbangan
utama yang mempengaruhi kapan dan bagaimana cara membeli waktu radio:
- Para pengiklan radio berminat untuk menjangkau konsumen target
dengan harga yang cukup murah, sambil tetap memastikan bahwa format
stasiun sesuai dengan citra merek yang diiklankan
- Periklan radio ditawarkan baik pada basis jaringan nasional maupun
spot pasar lokanlindividual.
- Satu pengiklan harus mengambil keputusan berdasarkan jadwal
periklanan radio.
- Waktu komersial radio biasanya dijual dalam slot waktu 10,30, atau
60.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar